Selasa, 09 Mei 2017

Sejarah Sepatu Nike

Sejarah Sepatu Nike

Produk sepatu Nike dan produk olah raga mudah dikenali oleh logo khas perusahaan itu, tanda "swoosh", dan slogan "Just Do It".

Berdasarkan nama dewi kemenangan Yunani, Sejarah Sepatu Nike didirikan pada tahun 1964 saat atlit dan pengusaha asal Oregon, Phillip Knight, sangat menyukai impor sepatu lari dari Jepang untuk bersaing dengan merek Jerman seperti Adidas dan Puma yang kemudian mendominasi pasar Amerika Serikat. Keuntungannya adalah sepatu Jepang lebih murah karena tenaga kerja lebih murah di Jepang.

Dia mulai menjual sepatu bot round-trip yang ditujukan ke stadion atletik, di mana penjualan perlahan tapi terus meningkat secara dramatis. Pada 1970-an, Knight dan perusahaannya yang sedang tumbuh melihat dimulainya revolusi jogging dan mulai memasarkan produk untuk pelari non-profesional juga. Dia segera membuka pasar yang lebih luas dan mengubah citra sepatu lari menjadi sepatu mode dan menarik semua orang dari anak-anak sampai dewasa mengenakannya.

Pada tahun 1979 Nike telah menguasai separuh pasar di AS dan dengan pendapatan sebesar US $ 149 juta. Pada pertengahan 1980-an posisi perusahaan nampaknya tak tergoyahkan, namun tiba-tiba saja terjadi serangan dari rival Reebok. Namun pada tahun 1990 Nike kembali memimpin perusahaan, terutama karena diperkenalkannya sepatu "Air Jordan" yang didukung dan dipromosikan oleh bintang bola basket Michael Jordan.

Saat ini, Sepatu Nike mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar sepatu olahraga, dan merupakan pemain penting dalam olahraga dan asesoris. Majalah Fortune melaporkan penjualan sebesar US $ 3,7 miliar pada tahun 1994 dan keuntungan sebesar US $ 299 juta (Fortune 1995). Sekitar 60 persen penjualan perusahaan di Amerika Serikat, sekitar 30 persen di Eropa dan 5 persen di Asia. (1993 Nike: 25).

Etos perusahaan Nike melibatkan dedikasi yang kuat terhadap olahraga dan kebugaran. Staf di kantor pusat perusahaan, Nike World Campus di Beaverton, Oregon, diharapkan menghabiskan beberapa jam setiap hari di gym. Mereka digambarkan oleh direktur Nike sebagai tipe "atletis, outdoor, lets-do-it-together.

Perusahaan ingin dilihat, dalam kata-kata OWII, sebagai "muda, Amerika dan hi-tech, mencurahkan banyak perhatian pada penelitian dan pengembangan".

Grosir Sepatu Nike Flyknite Man adalah salah satu unggulan dari berbagai model yang telah nike lahirkan. Masih banyak lagi varian-varian lainnya yang bisa kita ketahui.